Dinyatakan pada pasal 27 UU RI No. 14 Th. 2005 tentang Undang-undang Guru dan dan Dosen bahwa salah satu beban kerja dosen yaitu merencanakan pembelajaran. Merancang Kontrak Perkuliahan atau Kontrak Pembelajaran ( KP ) adalah kegiatan yang harus dilakukan dosen setelah selesai menyusun Rancangan Mutu Perkuliahan Semester (RMPS) yang disejalankan dengan penyusunan rancangan evaluasi. Kegiatan setelah ini adalah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP) dan merancang media pembelajaran.
Pada dasarnya yang dimaksud dengan kontrak perkuliahan atau kontrak pembelajaran adalah rancangan perkuliahan yang disepakati bersama oleh mahasiswa dan dosen (Suciati, 1997b:12-5). Sebagaimana halnya suatu kesepakatan tentu pelaksanaannya dilaksanakan sebelum semester atau di awal semester, tepatnya pada pertemuan atau perkuliahan pertama. Adapun kesepakatan itu mencakup seluruh aspek pembelajaran yang akan dilaksanakan dan diberlakukan selama satu semester, seperti kompetensi yang akan dicapai, literatur yang akan digunakan, tugas yang harus dipenuhi mahasiswa dan sistem penilaian yang akan diberlakukan.
Dosen yang profesional harus tanggap terhadap kebutuhan mahasiswa dan memberikan pelayanan terhadapnya. Sebagaimana dikatakan oleh Rektor Universitas Semarang, Ari Soegito MM., “Seorang dosen tidak perlu mimpi dan merasa paling hebat dan berkualitas kalau belum memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada peserta didik. Mau tidak mampu dosen harus mampu menyusun rancangan pengajaran,….” Dalam hal ini, satu diantaranya adalah membuat dan melaksanakan kontrak perkuliahan.
di bawah ini kontrak perkuliahan ILMU ALAMIAH DASAR Pendidikan Geografi Universitas Sebelas Maret tahun 2013-2014
KONTRAK
KULIAH
MATAKULIAH :
ILMU ALAMIAH DASAR
NO :
SEMESTER :
I
SKS :
2
SIFAT :
WAJIB
DOSEN :
Tim dosen IAD
PEMBELAJARAN:
· TATAP MUKA (14 KALI) @ 2 X 60 MENIT
· TATAP MUKA DISELENGGARAKAN DI KELAS ATAU
TEMPAT YANG SESUAI
· SELALU TEPAT WAKTU UNTUK SETIAP ACARA
STRATEGI PEMBELAJARAN: STUDENT
CENTER LEARNING (SCL)
·
MAHASISWA SIAP DENGAN POLA DISKUSI UNTUK MEMECAHKAN MASALAH YANG TELAH DIPERSIAPKAN SEBELUMNYA.
·
PERMASALAHAN
TERSEBUT BERSUMBER DARI BERBAGAI PUSTAKA (BUKU ATAU JURNAL), INTERNET
ATAU FAKTA YANG TELAH TERJADI
SESUAI DENGAN TOPIK YANG TELAH
TERSUSUN DALAM KONTRAK PERKULIAHAN INI.
·
MAHASISWA HARUS AKTIF KARENA AKTIF ADALAH MODAL
KREATIVITAS.
EVALUASI
UJI KOMPETENSI SEBANYAK 4 KALI (KOMPETENSI DASAR: KD1 S/D KD4) MASING-MASING DAPAT BERUPA:
·
UJIAN TULIS ATAU LISAN
·
PRESENTASI DAN DISKUSI
·
TUGAS SESUAI DENGAN KASUS ATAU TOPIK TERTENTU
v
NILAI
AKHIR BERASAL DARI RERATA KD
JADWAL TATAP MUKA:
Tatap muka
|
Pokok bahasan
|
Tempat
|
Minggu
|
||
I
|
Penjelasan PBM
|
Kelas
|
II dan III
|
Ilmu dan proses ilmiah
|
Kelas/lapangan
|
IV dan V
|
Alam semesta dan biosfer
|
Kelas/lapangan
|
VI
|
UKD 1
|
Kelas
|
VII
|
Diskusi alam semesta dan biosfer
|
Kelas/lapangan
|
VIII dan IX
|
Ekologi
|
Kelas/lapangan
|
X
|
Diskusi ekologi
|
Kelas
|
XI
|
UKD II
|
Kelas/lapangan
|
XII dan XIII
|
Struktur dan perkembangbiakan organisme
|
Kelas/lapangan
|
XIV
|
UKD III
|
Kelas
|
XV
|
IPA, teknologi, dan kehidupan manusia
|
Kelas/lapangan
|
XVI
|
UKD III
|
Kelas
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
(KOMPETENSI)
STANDAR KOMPETENSI
1. penguasaan kemampuan (menjelaskan dan
membedakan beberapa konsep) tentang metode ilmiah; alam semesta, biosfer dan
lingkungan; organisme (struktur, fungsi, dan perkembangbiakan); dan teknologi
bagi peradaban
2. penguasaan kemampuan, bersikap dan
bernalar holistik dalam merespon berbagai manfaat dan masalah yang timbul
antara kemajuan teknologi dan lingkungan, kemajuan teknologi dan
pendidikan/ekonomi/sosial/hukum serta peradaban manusia pada umumnya
KOMPETENSI DASAR
- Ilmu dan proses ilmiah
Penguasaan kemampuan mahasiswa dalam pemahaman ilmu,
logika, dan proses ilmiah
- Alam
Semesta
Penguasaan kemampuan mahasiswa tentang
alam semesta
- Biosfer
Penguasaan kemampuan mahasiswa tentang
biosfer dengan semua proses yang terjadi
- Ekologi
Penguasaan kemampuan mahasiswa tentang ekologi
dan masa depan kehidupan
- Struktur dan fungsi organisme
Penguasaan kemampuan mahasiswa tentang struktur
organisme dan fungsi masing-masing bagian
- Perkembangan organisme
Penguasaan kemampuan mahasiswa
tentang bagimana organisme tumbuh, berkembang, dan berkembangbiak
- Teknologi dan pembangunan
Penguasaan kemampuan
mahasiswa dalam perkembangan ilmu dan
teknologi
h. Teknologi
dan kehidupan manusia
Penguasaan kemampuan mahasiswa dalam memahami perkembangan teknologi dan
dampak bagi kehidupan manusia
Daftar Pustaka
Agus, G. 1999. Peluang
Pembangunan Industri Farmasi Indonesia. Pengatahuan
Alam dan Pengembangan. Dirjen Pendi. Tinggi. Depdiknas. Jakarta.
Azhar S. 2000. Pembangunan Berwawasan Lingkungan di Tengah Isu Lingkungan Global. Dalam NEED:
Lingkungan, Managemen, Ilmiah. Vol. 2 (6): 5-9.
Brum, G., M. Kane dan G. Karp. 1994. Biology Exploring Live. John Wiley & Sons Inc. Singapore
Budiastuti, S. 2010. Ekologi Umum: Teori Dasar Pengelolaan
Lingkungan. UNS Press
Mustansyir, R. dan M. Munir. 2001. Filsafat Ilmu. Pustaka
Pelajar. Jogjakarta.
Hidayat, B. 1999. Evolusi dan
Mekanika Alam Semesta. FMIPA ITB. Bandung
________. 1999. Matematika dan
IPA Dalam Pendidikan Tinggi. Pengatahuan Alam dan Pengembangan. Dirjen
Pend. Tinggi. Depdiknas. Jakarta.
________. 1999. Tentang
Pengertian dan Penelitian. Alam dan Pengembangan. Dirjen Pend. Tinggi.
Depdiknas. Jakarta.
Priyono, A. 1999. Proses Fisis
dan Fenomena Atmosfer. FMIPA ITB. Bandung
Raharjo, M. 1999. Matahari bagi
Kehidupan. FMIPA ITB. Bandung
Soediro, L. 1999. Bahan Alam
Hayati Bahari, Perkembangan, dan Prospek Dalam Bidang Farmasi. Pengatahuan
Alam dan Pengembangan. Dirjen Pend. Tinggi. Depdiknas. Jakarta.
Soemarwoto, O. 1991. Pembangunan Berwawasan
Lingkungan. Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional V. Jakarta.
Soeriaatmadja, RE. 1999. Ekologi Sebagai
Ilmu, Wawasan, dan Pendekatan Pembangunan.
Pengatahuan Alam dan Pengembangan. Dirjen Pend. Tinggi. Depdiknas.
Jakarta.
Tafsir, A. 2007. Filsafat Ilmu.
Remaja Rosdakarya. Bandung.
Taiz, L and E. Zieger. 2007. Plant Physiology online. Sinauer Assc, Inc.
Thalib, S. 2000. Reaksi Dunia Termasuk Indonesia Untuk Menyelamatkan
Ozon. NEED: Lingkungan, Managemen, Ilmiah. Vol. 2(6): 1-4
0 komentar:
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar