Senin, 30 September 2013

KONTRAK KULIAH ILMU ALAMIAH DASAR

Dinyatakan pada pasal 27 UU RI No. 14 Th. 2005 tentang Undang-undang Guru dan dan Dosen bahwa salah satu beban kerja dosen yaitu merencanakan pembelajaran. Merancang Kontrak Perkuliahan atau Kontrak Pembelajaran ( KP ) adalah kegiatan yang harus dilakukan dosen setelah selesai menyusun Rancangan Mutu Perkuliahan Semester (RMPS) yang disejalankan dengan penyusunan rancangan evaluasi. Kegiatan setelah ini adalah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP) dan merancang media pembelajaran.



Pada dasarnya yang dimaksud dengan kontrak perkuliahan atau kontrak pembelajaran adalah rancangan perkuliahan yang disepakati bersama oleh mahasiswa dan dosen (Suciati, 1997b:12-5). Sebagaimana halnya suatu kesepakatan tentu pelaksanaannya dilaksanakan sebelum semester atau di awal semester, tepatnya pada pertemuan atau perkuliahan pertama. Adapun kesepakatan itu mencakup seluruh aspek pembelajaran yang akan dilaksanakan dan diberlakukan selama satu semester, seperti kompetensi yang akan dicapai, literatur yang akan digunakan, tugas yang harus dipenuhi mahasiswa dan sistem penilaian yang akan diberlakukan.

Dosen yang profesional harus tanggap terhadap kebutuhan mahasiswa dan memberikan pelayanan terhadapnya. Sebagaimana dikatakan oleh Rektor Universitas Semarang, Ari Soegito MM., “Seorang dosen tidak perlu mimpi dan merasa paling hebat dan berkualitas kalau belum memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada peserta didik. Mau tidak mampu dosen harus mampu menyusun rancangan pengajaran,….” Dalam hal ini, satu diantaranya adalah membuat dan melaksanakan kontrak perkuliahan.

di bawah ini kontrak perkuliahan ILMU ALAMIAH DASAR Pendidikan Geografi Universitas Sebelas Maret tahun 2013-2014


KONTRAK KULIAH

MATAKULIAH                                           : ILMU ALAMIAH DASAR
NO                                                                  :
SEMESTER                                                    : I
SKS                                                                 : 2
SIFAT                                                             : WAJIB
DOSEN                                                          : Tim dosen IAD

PEMBELAJARAN:
·   TATAP MUKA (14 KALI) @ 2 X 60 MENIT
·   TATAP MUKA DISELENGGARAKAN DI KELAS ATAU TEMPAT YANG SESUAI
·   SELALU TEPAT WAKTU UNTUK SETIAP ACARA

STRATEGI PEMBELAJARAN: STUDENT CENTER LEARNING (SCL)
·   MAHASISWA SIAP DENGAN POLA DISKUSI UNTUK MEMECAHKAN MASALAH YANG TELAH DIPERSIAPKAN SEBELUMNYA.
·   PERMASALAHAN TERSEBUT BERSUMBER DARI BERBAGAI PUSTAKA (BUKU ATAU JURNAL), INTERNET ATAU FAKTA YANG TELAH TERJADI SESUAI DENGAN TOPIK YANG TELAH TERSUSUN DALAM KONTRAK PERKULIAHAN INI.
·   MAHASISWA HARUS AKTIF KARENA AKTIF ADALAH MODAL KREATIVITAS.

EVALUASI
UJI KOMPETENSI SEBANYAK 4 KALI (KOMPETENSI DASAR:  KD1 S/D KD4)  MASING-MASING DAPAT BERUPA:
·         UJIAN TULIS ATAU LISAN
·         PRESENTASI DAN DISKUSI
·         TUGAS SESUAI DENGAN KASUS ATAU TOPIK TERTENTU
v NILAI AKHIR BERASAL DARI RERATA KD

JADWAL TATAP MUKA:
Tatap muka
Pokok bahasan
Tempat
Minggu
I
Penjelasan PBM
Kelas
II dan III
Ilmu dan proses ilmiah
Kelas/lapangan
IV dan V
Alam semesta dan biosfer
Kelas/lapangan
VI
UKD 1
Kelas
VII
Diskusi alam semesta dan biosfer
Kelas/lapangan
VIII dan IX
Ekologi
Kelas/lapangan
X
Diskusi ekologi
Kelas
XI
UKD II
Kelas/lapangan
XII dan XIII
Struktur dan perkembangbiakan organisme
Kelas/lapangan
XIV
UKD III
Kelas
XV
IPA, teknologi, dan kehidupan manusia
Kelas/lapangan
XVI
UKD III
Kelas

TUJUAN PEMBELAJARAN (KOMPETENSI)
STANDAR KOMPETENSI
1.      penguasaan kemampuan (menjelaskan dan membedakan beberapa konsep) tentang metode ilmiah; alam semesta, biosfer dan lingkungan; organisme (struktur, fungsi, dan perkembangbiakan); dan teknologi bagi peradaban
2.      penguasaan kemampuan, bersikap dan bernalar holistik dalam merespon berbagai manfaat dan masalah yang timbul antara kemajuan teknologi dan lingkungan, kemajuan teknologi dan pendidikan/ekonomi/sosial/hukum serta peradaban manusia pada umumnya

KOMPETENSI DASAR
  1. Ilmu dan proses ilmiah
Penguasaan kemampuan mahasiswa dalam pemahaman ilmu, logika, dan proses ilmiah
  1. Alam Semesta
Penguasaan kemampuan mahasiswa tentang alam semesta
  1. Biosfer
Penguasaan kemampuan mahasiswa tentang biosfer dengan semua proses yang terjadi
  1. Ekologi
Penguasaan kemampuan mahasiswa tentang ekologi dan masa depan kehidupan
  1. Struktur dan fungsi organisme
Penguasaan kemampuan mahasiswa tentang struktur organisme dan fungsi masing-masing bagian
  1. Perkembangan organisme
Penguasaan kemampuan mahasiswa tentang bagimana organisme tumbuh, berkembang, dan berkembangbiak
  1. Teknologi dan pembangunan
Penguasaan kemampuan mahasiswa dalam perkembangan ilmu dan teknologi
h.      Teknologi dan kehidupan manusia
Penguasaan kemampuan mahasiswa dalam memahami perkembangan teknologi dan dampak bagi kehidupan manusia


Daftar Pustaka

Agus, G. 1999. Peluang Pembangunan Industri Farmasi Indonesia. Pengatahuan Alam dan Pengembangan. Dirjen Pendi. Tinggi. Depdiknas. Jakarta.
Azhar S. 2000. Pembangunan Berwawasan Lingkungan  di Tengah Isu Lingkungan Global. Dalam NEED: Lingkungan, Managemen, Ilmiah. Vol. 2 (6): 5-9.
Brum, G., M. Kane dan G. Karp. 1994. Biology Exploring Live. John Wiley & Sons Inc. Singapore 
Budiastuti, S. 2010. Ekologi Umum: Teori Dasar Pengelolaan Lingkungan. UNS Press
Mustansyir, R. dan M. Munir. 2001. Filsafat Ilmu. Pustaka Pelajar. Jogjakarta.
Hidayat, B. 1999. Evolusi dan Mekanika Alam Semesta. FMIPA ITB. Bandung
________. 1999. Matematika dan IPA Dalam Pendidikan Tinggi. Pengatahuan Alam dan Pengembangan. Dirjen Pend. Tinggi. Depdiknas. Jakarta.
________. 1999. Tentang Pengertian dan Penelitian. Alam dan Pengembangan. Dirjen Pend. Tinggi. Depdiknas. Jakarta.
Priyono, A. 1999. Proses Fisis dan Fenomena Atmosfer. FMIPA ITB. Bandung
Raharjo, M. 1999. Matahari bagi Kehidupan. FMIPA ITB. Bandung
Soediro, L. 1999. Bahan Alam Hayati Bahari, Perkembangan, dan Prospek Dalam Bidang Farmasi. Pengatahuan Alam dan Pengembangan. Dirjen Pend. Tinggi. Depdiknas. Jakarta.
Soemarwoto, O. 1991. Pembangunan Berwawasan Lingkungan. Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional V. Jakarta.
Soeriaatmadja, RE. 1999. Ekologi Sebagai Ilmu, Wawasan, dan Pendekatan Pembangunan.  Pengatahuan Alam dan Pengembangan. Dirjen Pend. Tinggi. Depdiknas. Jakarta.
Tafsir, A. 2007. Filsafat Ilmu. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Taiz, L and E. Zieger. 2007. Plant Physiology online. Sinauer Assc, Inc. 
Thalib, S. 2000. Reaksi Dunia Termasuk Indonesia Untuk Menyelamatkan Ozon. NEED: Lingkungan, Managemen, Ilmiah. Vol. 2(6): 1-4




Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

TEMAN BLOGGER

DISCLAIMER

Protected by Copyscape Plagiarism Checker